WELCOME

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA.

Kamis, 01 Maret 2012

PERBEDAAN WEWENANG DAN KEKUASAAN

  

A ) Pengertian Wewenang 

 Wewenang adalah kekuasaan namun kekuasaan tidak terlalu berupa kewenangan. Kewenanganmerupakan kekuasaan yang memiliki keabsahan ( legitime power ), sedangkan kekuasaan tidak selalu memiliki keabsahan. Apabila kekuasaan politik di rumuskan sebgai kemampuanmenggunakan sumber-sumber untuk mempengaruhi proses pembuatan dan pelaksanaanleputusan politk, maka kewenangan merupakan hak moral sesuai dengan nilai-nilai dan norma.  
masyarakat, termasuk peratuaran perundang-undangan.Wewenang merupakan hak berkuasa yang di tetapkan dalam struktur organisasi sosial gunamelaksanakan kebijakan yang di perlukan

B ) Pengertian Kekuasaan 

Kekuasaan merupakan unsur penting dalam kehidupan masyarakat karena peranannya dapatmenentukan nasib berjuta-juta orang. Kekuasaan senatiasa ada dalam masyarakat, baik masihsederhana maupun masyarakat besar dan kompleks. Adapun keberadaan kekuasaan tergantung pada sifat hubungan anatar yang berkuasa dan yang terpaksa.Sosiologis mengakui adanya unsur kekuasaan sebagai bagian penolong dalam kehidupanmasyarakat. Sosiologis tidak menilai baik dan buruknya kekuasaan karena ukurannya darikegunaan untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tentukan oleh masyarakat.Kekuasaan merupakan kemampuan seseorang mempengaruhi orang lain sesuai dengankehendaknya. Bila kekuasaan itu melembaga dan di akui masyarakatnya, disebut wewenang.Kekuasaan mempunyai aneka bentuk serta sumber yang berbeda- beda misalnya hak milik kebendaan, kedudukan sosial, birokrasi dan intelektualitas.Adapun unsur pokok yang mendasari keberadaan kekuasaan ialah rasa takut, rasa cinta,kepercayaan dan pemujaan atau sugesti. Keempat unsur ini senantiasa dimanfaatkan penguasadalam menjalankan kekuasaannya.


Kekuasaan mempunyai peranan yang dapat menentukan nasib berjuta-juat manusia. Oleh karena itu, kekuasaan (power) sangat menarik perhatian para ahli ilmu pengetahuan kemasyarakatan.Adanya wewenang maupun kekuasaan merupakan suatu pengaruh yang nyata atau potensial. Mengenai pengaruh tersebut, lazimnya diadakan perbedaan, sebagai berikut: 
1 ) Pengaruh bebas yang didasarkan pada komunikasi dan bersifat persuasif.
2 ) Pengaruh tergantung atau tidak bebas menjadi aktif.
3 ) Pihak yang berpengaruh membantu pihak yang dipengaruhi untuk mencapai 




Sumber : http://www.scribd.com

Tidak ada komentar: